Daftar Pilihan Dokter Spesialis Patologi Klinik di Jakarta Selatan yang Bagus - Replayfu.com

Blog Renaldi

Wednesday, January 8, 2020

Daftar Pilihan Dokter Spesialis Patologi Klinik di Jakarta Selatan yang Bagus

Dokter

Patologi diketahui sebagai salah satu dari cabang ilmu kedokteran yang mempunyai peran penting dalam mendiagnosis penyakit yang utamanya adalah kanker. Atau bisa disebut bahwa patologi adalah ilmu yang berfokus pada penyakit, analisis, serta pengambilan sampel yaitu jaringan, sel, serta cairan tubuh. Seorang ahli patologi biasanya disebut patolog. Patolog biasanya akan mengambil serta memeriksa sampel dari pasien seperti air mani, air liur, darah, cairan serviks, cairan perikard yang diambil dari organ jantung, cairan pleura yang didapat dari paru-paru, serta cairan aites yang didapat dari hati. Dari sampel-sampel tersebut akan diuji melalui mikroskop dan seorang patolog akan mencari setiap kelainan sekuler. Lewat pengujian seperti ini, pertumbuhan yang abnormal dapat terperiksa sehingga dapat memastikan apakah mempunyai risiko kanker atau tidak. Berikut nanti dibawah akan di berikan dokter spesialis patologi klinik di Jakarta Selatan.

Dalam ilmu patologi sendiri terdapat bidangnya masing-masing, dibawah ini adalah bidang ilmu patologi, yaitu:

Patologi klinik.
Patologi klinik akan menangani tentang analisis urin, sampel darah dan jaringan, serta akan memberikan banyak informasi penting tentang masing-masing sampel seperti elektrolit urin, analisa darah, dan lainnya.

Patologi anatomi.
Cabang ilmu patalogi ini akan memeriksa keseluruhan tubuh dalam suatu proses otopsi ataupun spesimen jaringan tubuh yang diambil melalui proses pembedahan. Bidang ini digunakan untuk menentukan apakah terdapat perubahan pada jejak kimiawi sel, susunan anatomi, ataupun penampilan sel.

Patologi umum.
Patalogi umum adalah cabang ilmu patologi yang akan mempelajari bagaimana cara suatu penyakit akan mempengaruhi kekebalan tubuh serta menyebabkan adanya kelainan pada fungsi serta struktur setiap bagian pada tubuh. Cabang ilmu ini menentukan penyebab, mekanisme, serta kemungkinan perkembangan penyakit. Bidang ini pun menganalisis adanya kelainan klinis yang timbul sebagai tanda penyakit tertentu. Ilmu patalogi ini pun melibatkan berbagai cabang ilmu-ilmu lainnya seperti mikrobiologi, kimia, serta hematologi.

Ilmu patologi yang selalu berkembang hingga menghasilkan banyak cabang ilmu serta kategori, dibawah ini adalah bebrapa cabang ilmu patologi, yaitu:

Sitopatologi.
Umumnya dikenal juga sebagai sitologi. Sitologi sendiri adalah cabang ilmu yang mempelajari serta mendiagnosis penyakit seluler. Cabang ini banyak digunakan untuk mendiagnosis kanker dan kondisi infeksi serta peradangannya.

Dermatopatologi.
Adalah cabang ilmu yang berfokus pada semua hal mengenai kulit, baik sebagai organ maupun penyakit-penyakit yang terdapat di kulit.

Patologi forensik.
Pada tujuan cabang ini adalah untuk menentukan penyebab kematian manusia. Hal yang dilakukan adalah dengan pemeriksaan jaringan, menafsirkan hasil dari laboratorium toksikologi, serta pemeriksaan trauma fisik.

Histopatologi.
Cabang ilmu ini akan memeriksa jaringan-jaringan tubuh manusia dengan bantuan mikroskop. Umumnya jaringan yang dipelajari adalah sampel biopsi serta spesimen pembedahan.

Neuropatologi.
Adalah cabang ilmu yang mempelajari penyakit yang mempengaruhi jaringan pada saraf.

Patologi paru.
Cabang patologi paru akan mendiagnosis penyakit yang biasa mempengaruhi paru-paru dengan mempelajari spesimen yang akan diambil dari tubuh lewat biopsi.

Untuk Anda yang berada di wiliyah Jakarta Selatan, dibawah ini adalah dokter spesialis patologi klinik di Jakarta Selatan untuk Anda, yaitu:

Prof. dr. Suzanna Immanuel, Sp.PK(K).
Lokasi praktik : Rumah Sakit Medistra, Setiabudi, jakarta Selatan.
Jam praktik : Senin Sabtu 15.00-17.00.

dr. Susana Somali Sp.PK.
Lokasi Praktik : Bidakara Medical Center.
Jam praktik : Senin, Jumat 07.00-19.00. Sabtu 07.00-12.00.

dr. Agus Mufandi, Sp.PK.
Lokasi Praktik : Rumah Sakit Pusat Pertamina.
Jam praktik : Senin, Jumat 07.30-16.00.

No comments:

Post a Comment