Yuk Simak Pentingnya Liburan Untuk Mental Karyawan ! - Replayfu.com

Blog Renaldi

Saturday, November 30, 2019

Yuk Simak Pentingnya Liburan Untuk Mental Karyawan !

Liburan Karyawan

Liburan memang menjadi sebuah kegiatan yang dibutuhkan, untuk mereset ulang kesegaran pikiran serta tenaga setelah lelah berkegiatan. Liburan pun dibutuhkan oleh setiap orang, salah satunya adalah para karyawan kantoran. 

Bagi anda yang banyak menghabiskan waktu bekerja setiap harinya, mungkin sudah saatnya untuk mengembalikan kondisi mental dan pikiran. Yuk kita simak pentingnya liburan untuk mental karyawan, pada ulasan berikut ini. 

Pentingnya Liburan Bagi Karyawan 

1. Meningkatkan Produktivitas
Jika otak selalu digunakan untuk terus bekerja, sudah pasti akan terasa lelah. Apalagi jika anda bekerja pada instansi yang membutuhkan kegiatan yang cukup banyak, jika terus bekerja tanpa henti akan mengalami penurunan dalam bekerja. Jika anda sudah merasakan hal tersebut, mungkin sudah saatnya untuk menikmati liburan.

Liburan atau travelling pun juga dapat mengurangi tingkat setress anda, sehingga anda dapat selalu produktif dalam bekerja. Dengan membebaskan dan menyenangkan diri saat liburan, maka dapat meningkatkan kinerja otak dan memberikan dampak positif pada seluruh pekerjaan anda. 

Hal ini pun dibuktikan dalam survei Harvard Business Review, yang menyebutkan bahwa karyawan yang berlibur dapat menyelesaikan pekerjaan lebih mudah dan cepat. Dalam review itu pun menyebutkan bahwa karyawan yang berlibur dapat bekerja lebih produktif, jika dibandingkan dengan rekan kerja yang tidak berlibur. 

2. Meningkatkan Kreativitas
Faktor kedua dari pentingnya liburan untuk mental karyawan adalah, sebagai bentuk istirahat dan mengembalikan ide-ide kreatif. Apabila anda bekerja pada sebuah perusahaan desain, tentu ide kreatif adalah hal yang sangat penting dan perlu dijaga. Pasti ada kalanya para karyawan akan megalami mati ide, saat ini lah anda perlu mengistirahatkan dan mereset kembali kesegaran otak dengan berlibur. 

Seperti pada artikel harapanrakyat.com mengatakan orang yang memiliki kreativitas tinggi pun memerlukan liburan, tentunya anda pun butuh bagian waktu agar bisa kembali bekerja dengan percaya diri. Berpikir adalah kegiatan yang cukup menguras tenaga, jika tidak diberikan istirahat sudah pasti konsentrasi dan fokus pun dapat berkurang dari waktu ke waktu. 

Istirahat sejenak dan menikmati liburan tanpa memikirkan pekerjaan, dapat mengembalikan potensi otak yang maksimal. Setelah liburan, maka otak anda dapat berfikir secara segar kembali, dan menghasilkan berbagai solusi dan terobosan kreatif lainnya. Untuk itu, ketika anda merasa buntu ide sudah saatnya memaksimalkan hari libur dengan menyegarkan kembali otak dan pikiran. 

3. Menurunkan Tingkat Gangguan Psikologis
Alasan lain dari pentingnya liburan untuk mental karyawan adalah, untuk memperbaiki kesehatan mental seorang karyawan. Tekanan dalam bekerja, terkadang dapat berpengaruh kepada psikologis seseorang. Gangguan mental yang sering didapat umumnya adalah gejala kecemasan serta risiko depresi. Apabila seorang karyawan terus bekerja tanpa henti, sudah pasti gejala psikologis tersebut semakin besar. 

Liburan dapat menjauhkan anda dari lingkungan sekitar, yang memicu hormon kortisol. Hormon ini merupakan hormon yang menjadi penyebab stress. Ada kalanya anda perlu memberikan waktu untuk anda sendiri, dan tidak bertemu dengan ligkungan yang cukup memberikan tekanan. Lakukanlah liburan singkat, dalam 3 hari saja sudah dapat menurunkan hormon stres dan mengembalikan pikiran yang jernih. 

Apabila anda merasa lingkungan dan pekerjaan cukup menekan, jika tidak istirahat justru membahayakan diri anda sendiri. Semakin lelah psikologis anda, semakin sensitif pula anda terhadap apapun yang terjadi pada lingkungan kantor.Tentu hal ini cukup merugikan anda dan perusahaan, oleh karena itu ambil hari libur untuk mengembalikan mood dan menghilangkan penat. 

4. Menenangkan Pikiran
Jika anda jarang berlibur, maka otak pun akan terbiasa dengan kegiatan yang berat. Jika anda merasa hal itu sangat menguntungkan karena tidak perlu membuang waktu, saatnya untuk membuang  asumsi tersebut. Faktanya ahli syaraf pun mengatakan bahwa koneksi syaraf yang menghasilkan perasaan senang, dapat melemah apabila jarang digunakan. 

Bisa dikatakan pentingnya liburan untuk mental karyawan adalah, agar dapat menangkan pikiran. Jika otak dibiasakan untuk berfikir dengan keras, maka apapun kegiatannya anda akan selalu difikir secara detail terlebih dahulu. Sedangkan ada beberapa saat ketika kita tidak perlu membutuhkan pikiran yang terlalu dalam, atau bisa dibilang hal tersebut justru mempersulit sebuah masalah yang mudah. 

Liburan adalah momen dimana kita melepaskan seluruh beban, dan membebaskan diri kita untuk mengistirahatkan otak dan tenaga. Tentunya pikiran yang segar dan tenaga yang optimal sangat menguntungkan perusahaan, maka untuk mendapatkannya karyawan pun membutuhkan liburan. Manfaatkan setiap kesempatan, untuk berlibur dan mengembalikan kesegaran diri anda.

No comments:

Post a Comment